Pages

Banner 468 x 60px

Selasa, 14 Januari 2014

Sandhangan Swara

0 komentar

Sandhangan Swara
Sandhangan swara  digunakan untuk mengubah bunyi vokal huruf dasar (dentawyanjana) dan huruf pasangan. Jumlah sandhangan swara 5 buah yaitu:

a.      ꦶ   disebut ulu (wulu) ditulis di atas huruf sebagai penanda bunyi i; bila yang diberi sandhangan adalah huruf pa­sangan yang terletak di bawah huruf dasar, sandhangan wulu berada di atas huruf yang di-pasang-i.
Contoh:ꦀꦶꦄꦶ꧋ ꦇꦃꦶ꧋ꦄꦎꦠꦶ꧋ꦊꦄꦛꦶ꧋ꦆꦏꦞꦶ꧋ꦏꦁꦙꦙꦶ꧋ ꦂꦁꦟꦶ꧋

b.   ꦸ   disebut suku ditulis bersambung dengan huruf  atau pasangan  yang diberi sandhangan sebagai penanda bunyi u.
Contoh: ꦉꦸꦎꦸ꧋ꦑꦸꦄꦸ꧋ꦂꦁꦙꦹ꧋ꦄꦁ꥛ꦹ꧋ꦏ꥚ꦹꦏꦞꦿ

c.  ꦺ  disebut taling ditulis di depan huruf dasar yang diberi sandhangan sebagai penanda buyi é atau è; bila yang diberi sandhangan adalah huruf pasangan, letak taling  di depan huruf yang di-pasang-i.
Contoh:ꦺꦄꦺꦁ꧋ꦐꦺꦈ꧋ꦄꦝꦺꦁꦦ꧋ꦐꦺꦁꦟꦄꦿ꧋ ꦊꦺꦎꦖꦁꦿ

d.  ꦺ ---ꦻ  disebut taling tarung, ditulis mengapit huruf yang diberi sandhangan sebagai penanda bunyi o;  bila yang diberi sandhangan adalah huruf pasangan yang  terle­tak di bawah huruf dasar, taling tarung mengapit huruf dasar yang di-pasang-i, sedangkan pada huruf pasangan yang terletak di belakang  huruf dasar yang di-pasang-i, taling  berada  di depan huruf dasar yang di-pasang-i dan tarung-nya di belakang pasangan.
Contoh:ꦺꦉꦻꦺꦃꦻ꧋ꦏꦺꦁꦟꦻ꧋ꦀꦺꦏꦞꦻ꧋ꦀꦏꦿꦺꦑꦝꦼꦻ꧋

e.      ꦷ  disebut pepet, ditulis di atas huruf, sebagai penanda bunyi e; bila yang diberi sandhangan adalah huruf pasangan yang terletak di bawah huruf dasar, pepet terletak di atas huruf dasar yang di-pasang-i. Bila pepet  digunakan bersama-sama dengan sandhangan cecak, tanda cecak berada di tengah-tengah pepet. Bila digunakan bersama-sama sandhangan layar, tanda layar berada di samping pepet.
Contoh:ꦊꦷꦐꦷꦉꦿ꧋ꦀꦎꦷꦿ꧋ꦄꦷꦁꦙꦷꦉꦿ꧋ꦇꦷꦃꦷꦼ꧋ꦑꦁꦟꦷꦉꦿ꧋ ꦇꦷꦐꦷꦽ
Huruf ꦉ bila mendapat sandhangan pepet ini mempunyai bentuk tersendiri yaitu ꥙ (huruf pasangan-nya      ꦷꦝ).
Contoh:    ꥙ꦓ꧋꥙ꦏꦷꦇꦿ꧋ꦀꦏꦝꦷꦼ꧋ꦀꦏꦿꦑꦝꦷꦇꦿ꧋
Huruf ꦃ  bila mendapat sandhangan pepet mempunyai bentuk tersendiri yaitu ꦊ꧆  (huruf pasangan-nya   ꦞ꧆ ).
Contoh: ꦊ꧆ꦐꦷꦅꦿ꧋ꦊ꧆ꦏꦥꦷꦁꦿ꧋ꦇꦌꦄꦞ꧆ꦁ꧋ꦊ꧆ꦐꦷꦼ꧋ ꦇꦌꦄꦞ꧆ꦐꦷꦼ꧋
Bottom of Form


0 komentar:

Posting Komentar